Home   »   News

MoU Pemanfaatan Jalur Pipa Untuk Transportasi Hidrogen

15 July 2023

Dalam mendukung target pemerintah mencapai emisi nol atau net zero emission (NZE) di 2060, PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dalam Pemanfaatan jalur pipa untuk transportasi hidrogen ke Singapura.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Bpk. A.A.P. Bagus Putra selaku Direktur Utama TGI dengan Bpk. Dannif Danusaputro selaku Chief Executive Officer Pertamina NRE yang disaksikan langsung oleh Menteri ESDM RI Bpk. Arifin Tasrif pada ajang Indo EBTKE Conex 2023 di ICE BSD pada Rabu (12/7/2023).

Hidrogen akan menjadi kunci atau game changer dalam energi baru terbarukan yang berpotensi memberikan kontribusi besar dalam penurunan emisi, terutama untuk sektor-sektor yang sulit dilakukan dekarbonisasi (hard-to-abate industry), seperti pengolahan minyak, industri berat, transportasi laut, dan transportasi berat lainnya. Meski pengembangan hidrogen merupakan hal baru di Indonesia, namun pada dasarnya potensi hidrogen di Indonesia sangat besar sebagai bahan bakar rendah emisi, melalui pemanfaatan hidrogen bersih untuk menggantikan energi fosil, maka emisi karbonnya dapat ditekan.